Sunday, March 19, 2017

Cara Membuat Periskop Sederhana

          Halo semua, kali ini saya akan membagi sedikit informasi mengenai cara membuat periskop. Saya mendapatkan informasi ini dari teman saya yang mendapat tugas membuat percobaan
sederhana.Sebelumnya,  tahukah Anda, apa itu periskop? Periskop biasanya digunakan pada kapal selam untuk mengawasi kapal lain. Mengapa harus menggunakan periskop? Karena periskop digunakan untuk melihat benda yang tertutupi benda lain. Pada kapal selam, pandangannya tertutupi oleh air yang membuat pandangan dari kapal selam tidak jelas, jadi harus menggunakan alat yang dinamakan periskop.
     Nah, berikut ini cara membuatnya:
1. Pertama tama, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:
A. Kertas karton secukupnya
B. Cermin 2 buah (bisa menggunakan cermin pada peralatan make up)
C. Gunting
D. Lem
E. Lakban

2. Setelah bahan terkumpul, buatlah pola seperti di bawah ini pada kertas karton. Untuk ukurannya silakan Anda sesuaikan dengan tinggi periskop yang Anda inginkan dan ukuran cermin yang Anda gunakan, yang penting memiliki pola seperti di bawah ini.
3. Setelah itu, potong pola tersebut pada bagian pinggirnya. Jangan lupa pula untuk memotong persegi panjang X. Garis titik-titik pada pola tersebut juga harus dipotong untuk membuat lubang. Setelah semuanya terpotong, tempelkan bangun persegi panjang X ke garis Y (di bagian kanan bangun besar). Ini untuk mengganjal cermin agar tidak jatuh dan memudahkan pemasangan cermin.

4. Setelah itu, tekuk setiap garis yang ada di pola tersebut kemudian direkatkan, bisa menggunakan lem maupun lakban. Lekatkan dengan sebaik mungkin.



5. Posisikan cermin seperti pada gambar di bawah ini, usahakan agar cemin dengan dinding membentuk segitiga sama kaki dengan sudut-sudut 45°, 90°, dan 45° agar memperoleh pemantulan yang maksimal. Setelah itu, cermin tersebut harus dilem/dilakban agar tidak lepas. Rekatkan dengan benar agar periskop Anda tidak mudah rusak.
Nampak dari Samping
6. Cobalah periskop Anda melalui lubang yang ada dibawah. Jika pemasangan cermin dilakukan dengan benar, maka Anda akan memperoleh bayangan yang cukup jelas (meskipun ukuran bayangan lebih kecil dari ukuran jika dilihat langsung). Jika Anda belum memperoleh gambar, maka cobalah untuk memposisikan cermin agar diperoleh bayangan objek yang diamati. Pada kapal selam, periskop biasanya dilengkapi dengan lensa sehingga bayangan yang dihasilkan bisa lebih besar.


     Sekian dulu dari saya, silakan Anda terus mencoba membuat periskop tersebut. Sampai jumpa lain kesempatan dan kunjungi lagi blog saya. Terima kasih.

Sumber : blog.hubspot.com (gambar thumbnail)
                Pengalaman pribadi dan teman
Nb: saya tidak pernah mematok ukuran khusus pada pembuatan di atas karena ketersediaan 
        bahan-bahan yang dimiliki setiap orang tidak sama.




0 comments:

Post a Comment