Thursday, February 23, 2017

Cara Membuat Miniatur Gunung Berapi yang Bisa Meletus

          Halo semuanya, beberapa waktu yang lalu saya mempunyai tugas untuk membuat percobaan. Pada waktu itu, saya membuat sebuah miniatur gunung berapi yang bisa mengeluarkan cairan merah mirip lava


ketika meletus.Oleh karena itu, saya akan membagikan cara membuatnya kepada Anda.
     1. Pertama-tama, persiapkan bahan-bahannya:
  a. kertas koran
  b. pewarna makanan (warna merah)
  c. botol plastik (bisa kecil bisa besar)
  d. baking powder
  e. cuka
  f. sabun cuci piring cair
  g. lem/plester/lakban
  h. papan

     2. Setelah itu, tempatkan botol plastik di tengah-tengah papan, kemudian diplester/lakban/lem agar tidak berpindah. Kemudian lapisi botol dengan lem dan dilapisi dengan koran hingga membentuk gunung. Jangan lupa mengecat gunung koran agar tidak meresap air terlalu banyak.

      3. Nah, saatnya melakukan reaksi kimia. Larutkan air secukupnya dengan cat warna merah, kemudian masukkan ke lubang botol tadi. Masukkan pula baking powder ke dalam lubang gunung berapin dan juuga sabun cuci piring cair sebanya dua sendok makan. Yang terahir, masukkan cuka untuk menghasilkan efek ledakan. Akan muncul lava yang keluar kemudian turun ke lereng gunung.


Hal ini bisa terjadi karena reaksi antara baking powder (basa kuat) dan cuka (asam kuat) sehingga menghasilkan efek ledakan berupa busa-busa berwarna merah. Sabun cuci piring hanyalah sebagai pemudah lava agar mudah keluar dari lubang gunung.

Terima kasih telah membaca, teruslah berkunjung ke blog saya.

sumber : dailymail.co.uk (picture erupted volcano)
               pengalaman pribadi

0 comments:

Post a Comment